perkim.pemkomedan.go.id

Inovasi pondasi untuk rumah terapung diatas laut

Published on Sabtu, 30 April 2016 - 23:39:18 WIB by Artikel

Ini kita berikan ide inovasi pondasi untuk rumah terapung di atas laut. Selama ini kita terfokus untuk tinggal di daratan dengan pertimbangan kemudahan dalam membangun rumah, mendapatkan pepohonan sebagai bahan makan, dll. sehingga permukaan laut kosong hanya berisi perahu atau kapal-kapal nelayan yang sesekali melintas mencari ikan, atau ada juga kapal-kapal pesiar yang diatasnya terdapat kamar-kamar, kolam renang dan taman yang muat di tumpangi ribuan orang. Tapi bagaimana dengan ide membuat satu koloni desa, kota atau bahkan negara diatas laut, mengingat 2/3 ari wilayah Indonesia berupa lautan. Mungkin itu terlihat gila karena tidak biasa, tapi saya yakin suatu saat akan menjadi hal biasa, hal ini bisa kita lihat dengan adanya istilah manusia perahu yaitu orang-orang yang tempat tinggalnya dilaut diatas perahu. Di kalimantan juga banyak yang bangun rumah di atas sungai, danai, atau tepian laut. Naik kapal pesiar juga merupakan suatuhal yang mahal. Hal-hal tersebut bisa membuktikan bahwa peradaban manusia sedang menuju kelaut, laut bukan lagi menjadi halaman belakang.

 

Macam-macam jenis material yang bisa digunakan sebagai pondasi bangunan terapung diatas laut

1. Styrofoam/gabus

2. Drum plastik

3. Batang kayu berdiameter besar (lebih dari 50cm)

4. Pipa PVC

5. Bambu

6. Galon air mineral / botol plastik

7. Tabung / blok plat baja

8. Plat beton berongga yang kedap air

 

Jika kita perhatikan banyak sekali alternatif material yang bisa dipakai untuk pondasi terapung, syarat utamanya yaitu tahan terhadap air asin, tidak karat, awet, mudah didapat, tidak mudah rusak dan gaya apungnya sanggup menahan beban bangunan serta aktifitas diatasnya.

 

Bukan hanya rumah yang bisa diapungkan di atas laut, tapi kita juga bisa membuat hamparan taman-taman terapung yang diatasnya bisa dijadikan tempat bercocok tanam sebagai sumber makanan, penampungan air hujan dll. Transportasinya bisa memakai perahu atau berenang.

 

Sumber artikel : www.ilmusipil.com

Sumber foto :

0
Comments
Leave a Comment


(Masukkan 6 kode diatas)