perkim.pemkomedan.go.id

Gubsu dan Walikota Medan Lepas Pawai Pembangunan HUT RI ke - 71

Published on Kamis, 18 Agustus 2016 - 11:31:20 WIB by Berita

Gubernur Sumatera Utara H. T. Erry Nuradi bersama Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si dan FKPD Sumut Melepas Pawai Pembangunan dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-71 di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Rabu (17/8/2016). Pawai Pembangunan ini berhasil menyedot perhatian puluhan ribu warga masyarakat. Masyarakat berbondong-bondong memadati jalan-jalan protokol untuk menyaksikan kegiatan menyemarakkan tersebut. Turut hadir unsur FKPD Sumut diantaranya Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Sumut, Kajati Sumut, Dan Lantamal I Belawan, Pangkosek Hanudnas, Sekda Provsu H. Hasban Ritonga dan sebagainya serta tamu undangan serta konsul jenderal negara sahabat.

Dalam kesempatan itu Gubsu atas nama Pemprov Sumut menerima penghargaan Implementasi Smart Province dari PT Telkom Indonesia sebagai Pemerintah Daerah yang siap mengimplementasikan Smart Province Nusantara. Penghargaan diserahkan oleh Direksi Telkom yan diwakili EVP Telkom Regional I Sumatera Susatyo. Sebenyak 50 kendaraan hias mewakili kantor/ lembaga/ dinas Pemprov Sumut dan Pemko Medan dan instansi berpartisipasi dalam kegiatan Pawai Pembangunan. Selain kendaraan hias, berbagai elemen masyarakat ikut memeriahkan dengan kegiatan pawai berjalan kaki. TNI dan Polri juga ikut berpartisipasi menampilkan kendaraan tempur. Uniknya mereka memperbolehkan warga masyarakat diantaranya anak-anak menaiki kendaraan dan ikut berpawai. Pawai pembangunan tersebut menjadi ajang untuk mensosialisasikan berbagai program pembangunan. Selain itu, Pawai Pembangunan juga menampilkan berbagai kekayaan adat istiadat dan budaya di Sumatera Utara baik dari etnis lokal maupun pendatang.

Kekayaan adat dan budaya khas Sumatera Utara ditampilkan melalui tari-tarian, alat musik dan pakaian daerah yang berasal dari delapan etnis asli Sumut yaitu Melayu, Nias, Batak Toba, Mandailing, Angkola Pakpak, Simalungun dan Karo. Sedangkan dari suku pendatang tampil etnis Jawa, aksi barongsai dari suku Tionghoa dan permainan tetabuh suku khas Tamil dari India. Selain itu, pawai dimeriahkan dengan aksi marching band diantaranya Marching Band Kantor Gubsu, Drumband Husni Thamrin Medan, AL Quba, Gema Pramuka Patra Pertamina Region I dan Drumband Perguruan Budi Setia.

Pawai kendaraan hias dari 50 instansi cukup kreatif menampilan disain yang mampu menarik minat masyarakat. Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut misalnya menampilkan kendaraan berupa miniatur ring tinju lengkap dengan petinju yang sedang berlatih, juga atlet binaragawan. Ada pula Dinas Sosial Sumut yang menampilkan simulasi penanganan bencana oleh Tagana, aksi para dokter cilik dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dan lain sebagainya.

 

Sumber berita : www.pemkomedan.go.id

0
Comments
Leave a Comment


(Masukkan 6 kode diatas)